"Ketua RT Harus Melayani, Bukan Dilayani"

Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Ketua Rukun Tetangga (RT) se Desa Batuah menghadirkan narasumber dari Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) yang diadakan di Hotel Maxone Balikpapan, Senin (9/10).
Kepala Dinas Dukcapil Kukar Iryanto menyampaikan materi tentang aplikasi kependudukan berbasis RT menggunakan handphone. Dijelaskan, Bimtek yang diadakan Pemerintah Desa Batuah merupakan terobosan yang luar biasa. “Handphone yang diberikan Pemerintah, luar biasa. Merk-nya Samsung dan RAM 128, sehingga termasuk kelas premium. Saya sudah beberapa kali mengisi pelatihan, biasanya merk vivo atau xiomi,” katanya, disambut tepuk tangan peserta.
Iryanto menambahkan, era kerja saat ini memang harus diubah. Kalau selama ini warga yang melapor ke Ketua RT, sekarang ini harus dibalik. Ketua RT, lanjutnya harus pro aktif mendatangi warga, sehingga laporan administrasinya bisa makasimal. “Kalau ada warga meninggal, Ketua RT tinggal melaporkan melalui handphone dan langsung ke aplikasi yang ada di Dukcapil, sehingga dipastikan laporan lebih cepat,” bebernya.
Selain itu, Iryanto juga mengimbau kepada seluruh Ketua RT untuk bekerja maksimal, sehingga fokus untuk melayani warga akan semakin baik. Untuk itulah, dirinya menegaskan bahwa kalau niat melayani warga, tidak usah ada keraguan atau ketakutan nantinya akan menjadi masalah. “Kalau niat kita baik, tidak ada yang perlu ditakutkan. Kalau semuanya dilakukan sesuai standar, dipastikan semuanya akan aman,” tutupnya.
SUMBER : ADMIN


Komentar baru terbit setelah disetujui Admin