Kerjasama BRI, Desa Batuah Hadirkan Aplikasi Stroberi untuk Pelanggan Air Bersih

05 Juli 2024
Administrator
Dibaca 256 Kali
Kerjasama BRI, Desa Batuah Hadirkan Aplikasi Stroberi untuk Pelanggan Air Bersih

Komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah untuk terus menghadirkan layanan kepada masyarakat terus dibuktikan. Terbaru, layanan untuk pelanggan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Air Bersih Desa yang bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui aplikasi Stroberi Tagihan.

Kepala Desa Abd Rasyid mengatakan, layanan digitalisasi Desa Batuah memang terus dikebut. Layanan administrasi desa dan keuangan semuanya didorong untuk menggunakan layanan online, sehingga akan memberikan kemudahan kepada warga. “Kalau warga mau buat surat keterangan, surat rekomendasi dan administrasi lainnya sudah menggunakan layanan online, sehingga warga tidak perlu lagi ke kantor desa, Tentunya layanan ini akan mempermuda masyarakat untuk mengurus administrasi desa,” ungkapnya.

Keberhasilan layanan online administrasi desa, Pemdes Batuah kembali mendorong layanan keuangan. Salah satunya dengan menghadirkan aplikasi Stroberi Tagihan untuk pelanggan air bersih, sehingga warga yang ingin membayar tagihan air cukup lewat handphone (HP) dan bisa dilakukan kapan saja. “Selain aplikasi strobesi tagihan, Pemdes Batuah juga menyiapkan agen Brilink kepada warga yang tidak memiliki android atau belum memiliki aplikasinya. Semua layanan ini dihadirkan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat,” urainya.

Ke depan, lanjut Rasyid Pemdes Batuah akan terus mendorong sistem digitalisasi desa, sehingga warga akan terus mendapatkan akses layanan yang cepat dan pasti. Apalagi Desa Batuah masuk salah satu desa penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) yang tentu harus menyesuaikan diri, sehingga tidak tertinggal  dengan desa-desa lainnya. “Intinya, Pemdes Batuah akan terus menghadirkan layanan yang cepat kepada warga,” tandasnya.

Stroberi merupakan layanan transaksi elektronik terpadu yang dikhususkan untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM secara berkesinambungan melalui layanan-layanan transaksi digital yang dapat menjawab berbagai permasalahan administrasi dan finansial di ekosistem UMKM. 

Untuk informasi, Stroberi terdiri dari tiga layanan utama, yakni Stroberi Kasir untuk pengelolaan transaksi dan inventory management, Stroberi Tagihan untuk pengelolaan tagihan, dan Stroberi Order untuk pengelolaan sistem order dan pembayaran. 

BRI berencana menggarap seluruh pasar basah dengan platform Stroberi. Secara nasional, terdapat kurang lebih 14 ribu pasar yang di dalamnya banyak pelaku UMKM menggantungkan kehidupan di pasar-pasar tersebut. 

Saat ini, rata-rata pasar masih bertransaksi memakai uang tunai yang rawan berbagai risiko kejahatan, seperti uang palsu hingga perampokan. 

SUMBER : ADMIN